Penyebab Serta Diagnosis Penyakit Gangguan Kecemasan Umum

Generalized anxiety disorder yang biasa disingkat GAD merupakan gangguan kecemasan yang berlebihan dan berlangsung terus-menerus terhadap banyak hal.  Gangguan kecemasan umum ini sangat berbeda dengan kecemasan biasa. Berbicara tentang kecemasan, pastinya setiap orang pernah merasa atau mengalami kecemasan akan sesuatu hal. Seperti pada saat menghadapi ujian atau sedang melakukan wawancara kerja. Namun, GAD yang kita bahas ini lebih mengkhawatirkan dari keemasan biasa tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa tanya dokter jika Anda merasa kecemasan Anda berlebihan.Penderita Generalized anxiety disorder ini biasanya takut akan bencana alam dan memiliki kekhawatiran yang berlebihan terhadap kondisi kesehatan, keluarga, keuangan, pekerjaan, maupun hal-hal lainnya. Umumnya penderita Generalized anxiety disorder dapat dikatakan kesulitan untuk mengendalikan perasaan cemas mereka. Sehingga rasa cemas tersebut akan berakibat pada kehidupan sehari-hari mereka.Gangguan kecemasan umum ini lebih banyak terjadi pada wanita jika dibandingkan dengan pria dan juga lebih sering ditemukan pada wanita yang berusia 35 tahun ke atas.Penyeb\\\

Hingga detik ini belum diketahui secara pasti hal yang menyebabkan atau memicu terjadinya gangguan kecemasan umum. Walaupun demikian diduga gabungan dari banyaknya faktor berkontribusi menjadi pemicu munculnya gangguan kecemasan umum. Faktor-faktor tersebut sebagai berikut

  • Adanya riwayat trauma atau pernah mengalami kejadian yang membuat stres seperti kasus perundangan atau yang juga dikenal dengan  bullying
  • Mempunyai keluarga yang juga memiliki riwayat penyakit gangguan kecemasan umum
  • Mempunyai penyakit yang membutuhkan pengobatan dalam jangka waktu yang panjang
  • Mempunya riwayat kecanduan minum keras atau pernah memakai obat-obatan yang terlarang.
  • Adanya riwayat gangguan di sistem saraf.

Diagnosis Gangguan Kecemasan Umum

Untuk mengetahui diagnosis gangguan kecemasan umum Anda harus konsultasi atau tanya dokter dengan melakukan tanya jawab seperti keluhan yang dialami, riwayat kesehatan, penyakit di keluarga, serta penggunaan obat-obatan. Biasa dokter pun akan menanyakan tentang kehidupan sehari-hari, seperti aktivitas yang dilakukan dan kondisi lingkungan sekitar.

Kemudian dokter akan menerapkan kriteria Diagnostic and Statistic Manual of Mental Disorder (DSM-5) yang bertujuan untuk mendiagnosis gangguan kecemasan umum. Adapun yang termasuk kriteria yang dapat menunjukkan jika pasien menderita gangguan kecemasan umum sebagai berikut.

  • Mengalami perasaan cemas dan khawatir yang berlebihan juga telah berlangsung sepanjang waktu minimal selama 6 bulan
  • Perasaan khawatir yang sangat sulit untuk dikendalikan.
  • Aktivitas menjadi terganggu disebabkan oleh keluhan dan gejala yang dialami.
  • Keluhan yang terjadi tidak didasari oleh penyakit atau gangguan kesehatan khusus.

Tidak hanya itu saja, gangguan kecemasan umum juga ditandai dengan rasa cemas dan takut yang diikuti oleh gejala lain seperti:

  • Mudah merasa lelah
  • Merasa sulit untuk berkonsentrasi
  • Mudah tersinggung
  • Merasakan kegelisahan dan tidak bersemangat
  • Insomnia atau mengalami gangguan tidur
  • Ketegangan otot yang meningkat

Jika terdapat kondisi serta penyakit lain yang mendasari keluhan biasanya dokter akan meminta pasien untuk menjalani tes penunjang misalkan tes darah ataupun tes urine.

Pengobatan

Karena gangguan kesehatan umum bisa memberikan efek yang mengganggu dan signifikan dalam aktivitas sehari-hari ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan agar mengurangi gejala seperti terapi psikologis cognitive behavioral therapy serta penggunaan obat antidepresan.

Hal yang sangat penting yaitu penderita harus rutin melakukan pemeriksaan dan tanya dokter jika terjadi gejala minimal sekali dalam dua minggu pada tiga bulan pertama jika penderita telah memutuskan untuk melakukan konsultasi dan mengonsumsi obat-obatan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>